Blog yang Menyajikan Asmaul Husna, Doa Doa Harian, Doa Qunut, Doa Sholat Dhuha, Doa Sholat Tahajud, Doa Iftitah, Bacaan Sholawat, Dzikir, Surat Yasin, Ar Rahman, Al Waqiah,dan Surat Al Mulk

Senin, 07 November 2016

Teks Bacaan Doa Akhir Tahun 1437 H dan Awal Tahun Hijriyah 1438 H dan Terjemahannya


Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah - Do’a merupakan puncaknya ibadah. Maka dari itu dalam keadaan apapun dan dimanapun kita perlu berdoa, karena Allah suka jika hamba-Nya berdoa kepada-Nya. Doa adalah bukti bahwa kita mengakui kelemahan kita di hadapan Allah, merasa rendah di hadapan-Nya dan senantiasa membutuhkan pertolongan-Nya. Ketika manusia menginginkan sesuatu yang menurutnya adalah kebutuhan, maka Allah memerintahkan manusia untuk meminta kepada-Nya sebagai bentuk ikhtiyar. Dan Allah menjanjikan pengabulan doa bagi yang mau melaksanakannya.

Di penghujung tahun 1437 Hijriyah kita akan menutup lembaran tahun ini untuk menuju lembaran tahun yang baru. Telah tiba waktunya untuk tutup buku dan menghitung laba rugi selama satu tahun. Demikian dengan hidup yang kita jalani, di akhir tahun seperti ini, saatnya kita melakukan introspeksi dan evaluasi diri, menghitung laba, rugi atas amal perbuatan yang kita lakukan. Terhadap dosa dosa yang telah kita lakukan, marilah segera bertobat dan megganti dengan amal saleh yang bermanfaat, akan halnya yang bijak, terus kita tingkatkan. Karena kita tidak tahu kapan saatnya ajal menjemput kita. Allah menciptakan kehidupan ini, tidaklah main-main, apa saja yang kita lakukan, semuanya pasti akan diperhitungkan dan dimintai pertanggungjawabakannya di hadapan Allah swt. diri adalah hari terakhir. 

Maka dari itu Memasuki pergantian tahun baru islam 1438 H marilah kita berdoa sebagai bentuk syukur atas segala nikmat yang ALLAH SWT dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat selama setahun terakhir. Awal tahun diisi dengan permohonan kepada Allah supaya tahun mendatang kita dilimpahi rahmat dan karunia-Nya: sehat, selamat, bahagia dan sejahtera.


Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah

Berikut ini bacaan do’a akhir tahun Hijriyah untuk dibaca sebelum masuk waktu sholat Maghrib:


Doa akir tahun ini dibaca sebelum masuk waktu maghrib. Adapaun bacaan doanya seperti berikut ini :


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Artinya:

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Ya Allah ! Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada MU, ampunilah aku !

Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada MU ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah!

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Doa awal tahun dibaca setelah waktu maghrib hingga waktu isya. adapaun Bacaan doanya adalah berikut ini


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Artinya:
Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.

Ya Allah ! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba : kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih!
Salawat dan salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan yang memelihara dan menguasai alam semesta.

Demikianlah
Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah. Admin ucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1438 H. Tidak perlu menyalakan kembang api seperti tahun baru masehi. Jika ada rejeki lebih baik disisihkan untuk mereka yang membutuhkan bantuan kita. Semoga tahun depan lebih sukses dan lebih bahagia lagi. Aamiin..
Facebook Twitter Google+
Back To Top