Blog yang Menyajikan Asmaul Husna, Doa Doa Harian, Doa Qunut, Doa Sholat Dhuha, Doa Sholat Tahajud, Doa Iftitah, Bacaan Sholawat, Dzikir, Surat Yasin, Ar Rahman, Al Waqiah,dan Surat Al Mulk

Kamis, 08 September 2016

Manfaat dan Pentingnya Dzikir dan Doa dalam Kehidupan Sehari-hari

Pentingnya Dzikir dan Doa dalam Kehidupan Sehari-hari - Dzikir dan doa adalah dua kegiatan yang saling berhubungan. Dalam pelapalan doa setelah sholat diawali dengar dzikir karena seorang hamba sangat dianjurkan untuk selalu berdzikir memuji Allah SWT. atas keagungan dan kekuasan-Nya namun seorang hamba pun diharuskan untuk senantiasa berdoa (meminta ampunan, pertolongan hanya kepada Allah SWT.), alangkah sombongnya orang yang tidak pernah berdoa kepada Allah SWT., seakan-akan dia tidak butuh Allah SWT. dan bisa hidup sendiri tanpa adanya bantuan Allah SWT.

Sangat mustahil semua yang terjadi dan semua yang ada di langit, bumi serta isinya tidak ada campur tangan Allah SWT. bagaimana tidak, kehidupan kita di bumi ini sudah diatur dan menjadi kehendak-Nya namun sesuatu yang bersifat buruk pada kehidupan dan diri kita bisa diubah oleh tindakan yang baik (perubahan) namun kita juga jangan lupa berdoa agar Allah SWT. senantiasa meridhoi dan menjadikan berkah atas hidup kita di dunia dan di akhirat kelak.

Dzikir dan Doa

Penerapan dzikir dan doa dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting, dimana orang yang ahli dzikir dan doa akan Allah SWT. anugerahkan kehidupan yang baik, nyaman, tentram dan ada dalam lindungan-Nya. Kepentingan dzikir dan doa adalah dalam kehidupan sehari-hari dapat mencetak manusia-manusia yang taqwa, memiliki akhlaqul karimah, terhindar dari perbuatan tercela dan menumbuhkan kasih sayang Allah SWT. kepada hamba-Nya. Nabi Muhammad SAW. adalah seorang pendoa. Beliau berdoa setiap saat, dalam sendiri, saat berperang, dan saat damai. Nabi Muhammad SAW. menyebut bahwa doa merupakan inti ibadah. 

1. Manfaat Dzikir
Sebagaimana fungsi dari Dzikir itu sendiri yang mana dzikir membuat orang yang membacanya menjadi tenang, maka dzikir pun memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai berikut:

  1. Dzikir membawa seseorang untuk mendapatkan keberuntungan berupa Surga.
  2. Dzikir meninggikan derajat seseorang
  3. Orang yang selalu berdzikir dengan rutin, maka ia akan memperoleh keutamaan di hari kiamat dengan mengalahkan yang lainnya
  4. Orang yang selalu (rutin) berdzikir akan mendapat ampunan dan pahala yang besar
  5. Dzikir adalah amalan yang dicintai Allah SWT, maka orang yang ahli dzikir pun akan dicintai Allah SWT.
  6. Dzikir menolak syaitan dan menghancurkannya
  7. Dzikir membuat hati tenang dan Hilangnya duka cita dari hati
  8. Dzikir menjadikan hati gembira dan lapang
  9. Dzikir menumbuhkan muhabbah dan muraaqabah kepada Allah SWT.
  10. Menumbuhkan kedekatan kepada Allah SWT.
  11. Dzikir dapat menggugurkan dosa sekaligus menghilangkannya
  12. Dzikir menyelamatkan dari siksa Allah SWT., dan Dzikir merupakan kekuatan
  13. z. Dzikir adalah cahaya bagi ahli dzikir baik di dunia, di alam kubur, dan di akhirat kelak
(Ibnul Qayyim Al Jauziyyah: 2014)
2. Manfaat Doa
Syekh Sayyid Tantawi, Syaikhul Azhar di Mesir, merangkum tiga manfaat doa dalam tiga point, yaitu sebagai berikut:

  1. Doa berfungsi untuk menunjukkan keagungan Allah SWT. kepada hamba-hambaNya yang lemah. Dengan doa seorang hamba menyadari bahwa hanya Allah SWT. lah yang memberi nikmat, menerima taubat, dan memperkenankan doa-doanya. Doa berfungsi mendorong hamba-Nya untuk selalu bersyukur. Sebab rasa syukur itu pula mendorong hamba-Nya untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah.
  2. Doa mengajari kita agar merasa malu kepada Allah SWT. sebab manakala ia tahu bahwa Allah SWT. akan selalu mengabulkan doa-doanya, maka tentu saja ia malu untuk mengingkari nikmat-nikmatNya.
  3. Doa mengalihkan hiruk-pikuk kehidupan dunia keharibaan tafakur dan kekudusan munajat kehadirat Allah SWT menuju ketenangan hati dan ketentraman jiwa.
Baca Juga:
Kumpulan Doa Mustajab Sehari-hari 
Demikianlah ulasan mengenai Manfaat dan Pentingnya Dzikir dan Doa dalam Kehidupan Sehari-hari. Tetaplah menjadi hamba Allah yang selalu mengingat-Nya setiap saat. Baik dalam keadaan senang maupun keadaan susah. Semoga kita menjadi hamba yang selalu bertakwa. Aamin.
Facebook Twitter Google+
Back To Top